Skip to main content

Search This Blog

Resep Membuat Roti Maryam Paling Empuk dan Lezat

Tips dan Cara Membuat Roti Maryam – Beberapa dari Anda mungkin belum juga mengetahui apa yang dimaksud dengan Roti Maryam. Sesuai sama namanya yang kearab-araban, maka roti lezat yang satu ini diperkirakan datang dari negara Timur Tengah. Namun, pendapat beda menyebutkan kalau roti bulat ini datang dari India dengan nama Roti Cane. Penamaan roti Maryam di beberapa negara sangat bermacam, misalnya di Cina dinamakan Yin Du Jiang Bing, di Malaysia dan Singapura dimaksud Prata, di Myanmar dimaksud Palata, bahkan juga di beberapa negara Eropa dinamakan dengan nama roti terbang atau Flying Bread.

Kue Maryam memiliki bentuk yang relatif bundar serta adonan tepungnya unik dan berlapis-lapis. Lebih dari itu, sensasi rasa yang dipunyai oleh roti yang satu ini nyatanya relatif tawar atau datar namun roti bulat ini memiliki sensasi gurih yang datang dari tepung dan telur. Usut miliki usut, roti ini diakui jadi cikal akan ada makanan olahan bernama Martabak. Martabak sendiri telah pasti tidak asing sekali lagi untuk orang-orang Indonesia. Nyaris di setiap jalan tentu ada pedagang martabak dengan gerobak kaki limanya yang ciri khas.

Bila dilihat dari beberapa bahan yang dipakai nyatanya roti maryam memiliki kemiripan yang sangat penting dengan martabak. Yang membedakan pada ke-2 makanan itu yaitu Martabak relatif memiliki bermacam macam rasa dengan isian dan bumbu yang bermacam juga. Nah kesempatan ini saya juga akan membahas resep dan cara buat roti maryam yang empuk dan enak. Dengan ikuti resep ini maka Anda tidaklah perlu sekali lagi sulit payah mencari penjual yang menjual roti maryam.


 

Resep Membuat Roti Maryam Paling Empuk dan Lezat

 

Bahan Resep Roti Maryam Empuk :

  • 250 gr tepung terigu serbaguna
  • 50 gr susu bubuk
  • 2 sdm margarin
  • 2 sdm minyak goreng
  • 1 btr telur
  • 250 ml air (atau secukupnya)
  • minyak goreng secukupnya untuk merendam adonan

Cara Membuat Roti Maryam Sederhana :

  1. Campurkan tepung terigu dengan susu bubuk, aduk rata.
  2. Masukkan margarin, minyak goreng dan telur, aduk menggunakan tangan. Tuangkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis dan tidak lengket di tangan. Tekstur adonan yang ideal adalah lentur/lembut namun tidak lembek. Sesuaikan saja kadar airnya sehingga adonantidak keras namun juga tidak lembek.
  3. Bagilah adonan menjadi bulatan-bulatan yang sama besar. Untuk takaran resep kita kali ini, adonan bisa dibagi menjadi 8-12 bulatan. Tergantung ukurannya, sesuaikan saja dengan selera.
  4. Rendam bulatan adonan dalam minyak goreng. Lama perendaman minimal 2 jam, lebih lama sebih bagus.
  5. Setelah waktu perendaman cukup, keluarkan adonan dari minyak.
  6. Tarik adonan sambil digeleng-geleng menggunakan telapak tangan sehingga adonan yang tadinya bulat menjadi berbentuk memanjang, seperti sosis namun lebih pajang.
  7. Gulung kedua ujung adonan ke arah yang berbeda. Kurang lebih membentuk seperti huruf ‘S’ (lihat gambar diatas).
  8. Tumpuk kedua gulungan. Diamkan lagi gulungan adonan selama kurang lebih satu jam sambil ditutup menggunakan plastik atau serbet bersih yang dibasahi.
  9. Setelah waktu cukup, ambil adonan kemudian pipihkan mengunakan roll kayu. Bisa juga menggunakan telapak tangan secara manual, sesuaikan saja.
  10. Panggang adonan diatas pan anti lengket hingga matang dan berwarna kecoklatan.
  11. Sajikan roti maryam dengan kari atau topping manis sesuai selera!

 

Itulah bahan-bahan serta bagaiman cara membuat Resep Membuat Roti Maryam Paling Empuk dan Lezat yang dapat saya sajikan kepada anda semua serta simak juga Resep Membuat Roti yang lainnya untuk anda ketahui. Tips resep membuat Roti Maryam ini saya dapatkan dari situs website qudapan.blogspot.com dan saya ucapkan banyak terima kasih kepada anda semua yang sudah berkunjung pada website saya ini untuk mengetahui berbagai Resep Masakan. (Selamat mencoba)

Resep Membuat Roti Maryam Paling Empuk dan Lezat
| Chef Jun